Semangat dan inovasi Pemerintah Kota Surabaya dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi menjadi magnet tersendiri bagi institusi lain untuk melakukan kunjungan. Salah satunya kunjungan dari Bagian PDE Kabupaten Sumba Timur, KPDE Provinsi Nusa Tenggara Timur, PDE Sumba Barat Daya, Sabu Raijua, Rote Ndao, Nagekeo, Ende dan Kabupaten Timur Tengah Utara.

Bertempat di ruang rapat Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) kota Surabaya, gedung Pemerintah Kota Surabaya, Rabu (25/5), rombongan disambut oleh Cahyo Utomo, Sekretaris Dinkominfo kota Surabaya, Irvan Dhani Ananda, Kabid Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi dan Hefli Syarifudin, Kabid Aplikasi dan Telematika Dinkominfo kota Surabaya.

Pemda Sumba Timur yang diwakili oleh Bapak Asisten Administrasi Drs. Ishak Raga Koda, Kabag PDE, Kabag Umum dan Kasubag Data Masukan. Dalam pertemuan tersebut dalam sambutannya mengatakan bahwa keinginan Pemda agar dapat bekerja sama dalam bidang TIK terutama yang berkaitan dengan Aplikasi-aplikasi layanan publik dan internal SKPD guna pelayanan yang lebih. Juga dalam kesempatan tersebut Bapak Asisten menyampaikan harapan Bapak Bupati Sumba Timur yang sangat  respek dengan penggunaan aplikasi e-government agar dapat membuat kerjasama yang saling menguntungkan antar kedua pihak daerah dalam bentuk Nota Kerjasama (MoU), sehingga terus ada pendampingan terhadap Pemda Sumba Timur dalam mengembangkan Aplikasi-aplikasi layanan public dan juga kerjasama dibidang lainnya.

Selanjutnya, Cahyo Utomo dalam sambutannya mengatakan, akan memfasilitasi rombongan yang datang, untuk menggunakan aplikasi-aplikasi apa saja yang dibutuhkan dan yang akan diterapkan didaerah masing-masing, mulai dari aplikasi  e-surat, e-budgeting, e-pengaduan masyarakt, e-healt, e-perijinan dan aplikasi-aplikasi lainnya yang sangat dibutuhkan oleh daerah.

Pemda Sumba Timur dalam kesempatan tersebut juga langsung mengadakan pertemuan dengan Bagian Kerjasama dan Pembangunan Kota Surabaya untuk dapat mengadakan Penandatangan Kerjasama (MoU) antara Bupati Sumba Timur dan Walikota Surabaya pada tanggal 31 Mei 2016 bersama dengan 16 Kabupaten Kota lainnya bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kota Surabaya.