Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sumba Timur, melalui Bidang Layanan E-Goverment melakukan Bimbingan Teknis terkait "Aplikasi Persuratan Online" Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Sumba Timur, bertempat di Aula Losmen Lima Saudara Waingapu, pada hari Rabu - Kamis, 29 - 30 Nopember 2017 yang diikuti oleh 40 Peserta dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemda Kabupaten Sumba Timur.

Asisten Administrasi Umum yang mewakili Bapak Bupati Sumba Timur membuka dengan Resmi Kegiatan Bimtek tersebut yang dikuti oleh 40 Peserta yang nantinya akan menjadi Admin dari masing-masing perwakilan OPD Lingkup Kabupaten Sumba Timur pada saat Aplikasi ini akan digunakan secara resmi.

Pada Kesemepatan tersebut Bapak Assiten 3 menyampaikan beberapa hal terkait perkembangan Teknologi dan Informasi yang sangat pesat sehingga dengan perkembangan teknologi tersebut, Pemerintah Daerah dapat melakukan layanan Publik yang lebih baik, efisien dan transparan kepada semua element masyarakat khususna yang berada di Kabupaten Sumba Timur.

Dinas Kominfo Kabupaten Sumba Timur bekerja sama dengan Unkriswina Sumba yang menjadi Narasumber pada Bimtek tersebut,sehingga kedepannya, kerjasama ini dapat terus ditingkatkan, apalagi Unkriswina Sumba Sudah Memiliki Prodi Teknik Informatika, sehingga sumberdaya manusia untuk mendukung teknolgi informasi sudah tersedia dan siap pakai di sumba timur.

Melalui Bimtek Teknologi Informasi tentang Aplikasi Surat menyurat secara online Lingkup Pemerintah Kabupaten Sumba Timur, diharapkan dengan diimplementasikannya Aplikasi ini, maka akan sangat membantu layanan Publik yang semakin Efisien, Efektif dan mengurangi biaya overhead kertas, karena Aplikasi ini bersifat Paperless (tidak menggunakan kertas) dalam berkirim surat antar instansi pemerintah. Layanan antar OPD juga tidak akan terganggu walaupun Pimpinan OPD berada diluar daerah, asalkan mempunyai koneksi internet dapat memeriksa Surat-surat yang masuk dan dapat melakukan disposisi kepada staf yang ada di Kantor untuk mengeksekusi hal-hal yang berkaitan dengan layanan kepada masyarakat.

Besar harapan Dinas Kominfo kedepannya lebih banyak melakukan terobosan dan inovasi menggunakan Teknologi dan Informasi berbasis Aplikasi online untuk Layanan Publik bekerjasama dengan Daerah/Kota lainnya yang sudah lebih dahulu menerapkan Aplikasi Publik seperti Kota Surabaya.