Ada hubungan yang cukup signifikan antara motivasi kerja dan kinerja seseorang. Seseorang akan meningkat kinerjanya apabila dalam bekerja ia memiliki motivasi yang tinggi. Sedangkan orang yang memiliki motivasi yang rendah akan cenderung bekerja asal-asalan dan memiliki kinerja yang tidak memuaskan. Dengan demikian, proses pengambilan keputusan khususnya dalam hal memilih dan menempatkan PNS dalam sebuah jabatan struktural memerlukan ketelitian, kecermatan, dan pertimbangan pertimbangan yang matang”. Demikian disampaikan Bupati Sumba Timur, Drs. Gidion Mbilijora, M.Si. pada acara pelantikan 126 orang pejabat Eselon III dan Eselon IV pada tanggal 09 Januari 2014 di Gedung Umbu Tipuk Marisi. Acara tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD Kab. Sumba Timur, Sekretaris Daerah, Para Asisten, FORKOPIMDA, pimpinan SKPD, tokoh agama, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Lebih lanjut dikatakan oleh Bupati bahwa dalam manajemen organisasi, Pejabat Eselon III dapat diibaratkan sebagai "juru masak kebijakan” sehingga kebijakan suatu unit, sebagian akan ditentukan oleh kemampuan, komitmen, integritas dan loyalitas para Pejabat Eselon III dalam menemukan dan meramu bahan baku yang tepat untuk setiap rancangan kebijakan yang tepat, untuk kemudian disampaikan kepada Pimpinan. Untuk itu Bupati mengharapkan agar, setiap Pejabat Eselon III hendaknya mempunyai kemampuan dan kemauan yang kuat untuk senantiasa memiliki wawasan yang luas, data dan informasi yang valid, serta semangat juang yang tinggi dan selalu siap sedia membantu pimpinan dalam merumuskan dan melaksanakan kebijakan. Sedangkan bagi para pejabat eselon IV Bupati menyatakan bahwa pejabat eselon IV mempunyai peranan yang sangat penting pula, karena pejabat eselon IV merupakan pelaksana teknis dalam melaksanakan program dalam suatu organisasi pemerintahan dan sebagai unit yang paling depan untuk mengaplikasikan suatu konsep atau kebijakan yang diberikan oleh atasannya. Menutup sambutannya, Bupati mengucapkan “selamat bekerja“ dan hendaknya para pejabat yang dilantik dapat memfokuskan tenaga, perhatian dan pikiran pada proses penataan, perbaikan dan produktivitas kinerja sesuai dengan tuntutan tugas pokok dan fungsi, dengan harapan agar akuntabilitas pelaksanaan berbagai kegiatan pembangunan di unit kerja masing-masing, benar-benar dapat berjalan secara optimal dan konsisten dengan waktu.

Adapun pejabat yang dilantik diantaranya adalah Ndoi Mila Ara, SE. sebagai Kepala Bagian Humas yang sebelumnya menjabat sebagai Camat Rindi, Juslianus A. Koli, SPt., sebagai Kepala Bagian PDE pada Setda Kabupaten Sumba Timur yang sebelumnya menjabat sebagai Camat Katala Hamu Limu, dan Oria A. Raramata, SE., sebagai Kepala Bagian Keuangan pada Sekretariat DPRD Kab. Sumba Timur yang sebelumnya adalah Camat Wulla Waijelu, dr. Ernesto Njurumana sebagai Kepala Bidang Kesehatan Keluarga pada Dinas Kesehatan Kab. Sumba Timur, dr. Lely Harakay sebagai Direktur RSUD Umbu Rara Meha, Dionisius Randjamuda, SH., sebagai Sekcam Kota Waingapu, Apriyani R.Banjauru, SIP sebagai Lurah Maulumbi dan Frans Padji sebagai Lurah Kambaniru. (djo)