Dalam rangka mengupayakan kebersihan lingkungan tempat aktivitas Publik, bertempat di Seputaran Pasar Inpres Matawai Kecamatan Kota Waingapu, Jumat 26 Februari 2016, Bupati Sumba Timur, Drs. Gidion Mbilijora, M.Si, memimpin langsung gerakan jumat bersih yang juga diikuti oleh Wakil Bupati, Sekda, Para Asisten, Kepala SKPD, Camat, Lurah dan Staf SKPD serta dari Jajaran Dandim 1601 beserta Polres Sumba Timur.

Kegiatan “Gerakan Jumat Bersih” ini merupakan Agenda Kerja Rutin dari setiap SKPD yang biasanya dilaksanakan dilingkungan SKPD masing-masing. Bupati Sumba Timur menegaskan bahwa Kegiatan ini berupaya untuk mengajak semua pihak untuk peduli dan mencintai lingkungan terutama untuk menggugah warga Pasar Inpress Waingapu untuk turut serta menjaga kebersihan lingkungan dimana mereka mencari nafkah. Kegiatan seperti ini juga harus menjadi barometer bagi setiap Komunitas yang ada dalam masyarakat seperti Gereja, Mesjid, Sekolah-sekolah untuk memperhatikan lingkungan sekitar agar tetap bersih. Hal ini juga terkait dengan Waingapu sudah dicanangkan sebagai Kota yang Hijau dan bersih demikian ditegaskan Drs. Gidion Mbilijora, M.Si pada saat meninjau dan meminpin langsung gerakan Jumat bersih tersebut.

Hal senada juga diungkapkan oleh Asisten Tatapraja dan Pemerintahan, Domu Warandoy, SH, M.Si bahwa Kegiatan Gerakan Jumat Bersih merupakan bagian dari Agenda Kerja Pemerintah yang tak bosan-bosannya untuk mengajak semua pihak untuk turut serta bertanggungjawab atas kebersihan lingkungan, terutama mengajak dan memberi contoh secara langsung kepada masyarakat bahwa bersih itu baik dan sehat. Lebih jauh Asisten I mengatakan bahwa jika lingkungan pasar ini bersih maka sebenarnya mereka sendiri yang ada dilingkungan pasar ini yang akan menikmati hasil yang baik terutama untuk kesehatan diri mereka sendiri.