Pada Sabtu, 01 Maret 2014 di Bandara Umbu Mehang Kunda dilangsungkan acara inaugurasi pesawat Boeing 737/500 dengan nama NAM Air yang merupakan anak usaha dari Maskapai Sriwijaya Air. Acara inaugurasi tersebut dilakukan dengan cara menyiram air kembang pada roda pesawat tersebut dan disaksikan oleh Wakil Bupati Sumba Timur, Ketua DPRD, dandim dan para undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut Bupati Sumba Timur dan rombongan berkesempatan melihat keadaan dan model pesawat komersial tersebut. Dalam sambutan singkatnya Bupati menyampaikan ucapan terima kasih kepada Maskapai NAM Air yang sudah hadir dan melayani masyarakat Sumba Timur. Kehadiran NAM Air mewujudkan impian orang Sumba Timur untuk bisa mempunyai koneksi ke luar, kesulitan penerbangan bisa teratasi dengan harapan NAM Air bisa menjadwalkan penerbangan setiap hari untuk melayani siapa pun yang mau datang ke Sumba dan yang berangkat dari Sumba ke daerah lain. Dengan kehadiran NAM Air dapat membantu mengatasi kesulitan transportasi udara di Kabupaten Sumba Timur.

 

Bupati juga menambahkan bahwa banyak orang mau datang dan ingin mengetahui Sumba karena banyak yang salah mendapatkan informasi tentang Sumba, yang selalu mengira Sumba adalah Sumbawa. Selain itu, Bupati juga menambahkan bahwa jasa cargo sangat dibutuhkan oleh masyarakat Sumba Timur guna pengiriman hasil bumi. Diakhir sambutannya sekali lagi Bupati menyampaikan terimakasih dan berharap NAM Air bisa terus  melayani di Sumba Timur.

Acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Direktur Komersial NAM Air dan diberikan kepada Bupati Sumba Timur, dilanjutkan dengan penyerahan cenderamata kepada Bupati Sumba Timur berupa miniatur pesawat NAM Air dan penyerahan plakat dari Bupati Sumba Timur kepada Direktur Komersial NAM Air.