“Berdasarkan tema ”Dengan Semangat Hari Kesatuan Gerak PKK, Mari Kita Wujudkan Keluarga Yang Mandiri dan Sejahtera”, TP PKK Kab. Sumba Timur diharapkan dapat mengoptimalkan berbagai program yang telah dirancang dengan memberdayakan keluarga-keluarga di Sumba Timur dalam berbagai bidang pembangunan”. Demikian disampaikan Bupati Sumba Timur, Drs. Gidion Mbilijora, M.Si. pada acara peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-41 Tingkat Kab.

Sumba Timur pada tanggal 25 April 2013. Acara yang dilaksanakan di halaman Sekretariat TP PKK tersebut di hadiri oleh Wakil Bupati Sumba Timur, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kab. Sumba Timur, Anggota Forkopimda, Para pimpinan SKPD, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK, Para Camat, dan undangan lainnya.

Selain itu, diharapkan agar berbagai program yang telah dirancang kiranya dapat menguatkan peran keluarga dalam menghadapi era globalisasi dan kemajuan teknologi yang semakin berkembang dengan pesat, yang apabila tidak disikapi dengan bijaksana tentunya akan berdampak negatif bagi keluarga sebagai komunitas terkecil dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan demikian, lanjutnya lagi, semangat motivasi terus kepada para kader dapat dilaksanakan sesuai dengan tugas dan fungsinya dalam memberdayakan dan mensejahterakan keluarga. Adapun usaha mendukung peningkatan kesejahteraan keluarga dari TP PKK yakni Kegiatan Pos Pelayanan Terpadu (POSYANDU) bagi balita maupun lansia; pendidikan anak usia dini (PAUD); pelatihan ketrampilan bagi ibu rumah tangga, remaja puteri dan anggota keluarga lainnya; penyuluhan tentang KB, kesehatan reproduksi, tentang bahaya penyalahgunaan narkoba dan penyuluhan tentang makanan Beragam, Bergizi, Berimbang serta pemanfaatan tanah pekarangan dalam mendukung ketahanan pangan keluarga, termasuk didalamnya pemanfaatan pangan lokal sebagaimana beberapa contohnya telah ditampilkan melalui Gerai Pangan Lokal TP-PKK Kabupaten Sumba Timur. Kepada para peserta lomba masak serba ikan, kiranya melalui lomba tersebut dapat menambah khasanah pengetahuan memasak sekaligus mengakrabkan anggota PKK di Kabupaten Sumba Timur.

Sebagai Ketua TP PKK Kabupaten Sumba Timur, ibu Rambu Kahi Yani Mbilijora, S.Pd dalam kesempatan tersebut membacakan sambutan tertulis Ketua Umum TP PKK Pusat, Ny. Hj. Vita Gamawan Fauzi, SH.  Dalam sambutannya, Ketua Umum TP PKK Pusat mengatakan bahwa peringatan Hari Kesatuan Penggerak PKK tersebut kiranya dapat memberikan motivasi dan semangat bagi kader PKK agar tetap dan terus giat dalam pelaksanaan tugas dan fungsi yakni berusaha memberdayakan dan mensejahterakan keluarga. Setelah itu, Ketua TP PKK Kab. Sumba Timur menjelaskan bahwa sebelum melaksanakan hari peringatan tersebut telah dilaksanakan pembinaan kepada 12 kelompok PAUD selama 2 minggu. Disampaikan pula tentang persoalan dana operasional dan honor tutor serta sarana dan prasarana PAUD. Adapun yang menjadi tujuan utama dari pembentukan kelompok Dasawisma adalah untuk mendekatkan pelayanan terhadap masyarakat  sesuai dengan 10 program Pokok PKK baik yang berhubungan dengan kondisi kesehatan, pendidikan maupun pangan ekonomi keluarga. Diakhir sambutannya, Ketua TP PKK Kab. Sumba Timur menyampaikan kepada kelompok dasawisma yang baru dilantik agar lebih proaktif terhadap pelaksanaan kegiatan ditingkat dasawisma.


Sekretaris TP PKK Kab. Sumba Timur, Margaretha Koreh, S.Ap., dalam laporannya mengatakan peran keluarga dalam pembangunan dan pengembangan sumber daya manusia merupakan faktor yang sangat strategis. Untuk itu, diperlukan komitmen yang sangat tinggi dan keterlibatan semua pihak dalam jangka waktu yang panjang. Kegiatan ini bertujuan memasyarakatkan gerakan PKK sebagai gerakan yang dikelola dengan prinsip dari, oleh dan untuk masyarakat yang sudah dilaksanakan serta dapat bermanfaat  bagi seluruh masyarakat Sumba Timur. Selain itu juga dapat meningkatkan motivasi semangat dan kesadaran kader TP PKK dan kader PKK serta masyarakat untuk lebih tahu, mau dan mampu melaksanakan program-program PKK. Selain itu, untuk memeriahkan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-41 tersebut juga dilaksanakan kegiatan-kegiatan diantaranya seperti donor darah, penyegaran kader PKK tingkat Kecamatan dan desa/kelurahan, pembentukan sekaligus pengukuhan kelompok Dasawisma ditingkat desa/kelurahan di 4 Kecamatan, melaksanakan pameran dan bazar, serta lomba masak serba ikan antar Tim Penggerak PKK Desa/Kelurahan.

Sebelum Bupati, Wakil Bupati, Ketua dan Wakil Ketua DPRD beserta undangan lainnya meninjau lokasi pameran dan bazar, para dewan juri mengumumkan para pemenang lomba masak serba ikan yakni Juara I dari Kelurahan Kamalaputi, juara II dari Kelurahan Kawangu dan Juara III Kelurahan Hambala dengan hadiah berupa Piala, Piagam, dan uang. Selain itu, kepada semua peserta lomba diberikan tabungan sebesar Rp 250.000 yang disponsori oleh Bank BRI dan Bank NTT. (dhi)