Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memperpanjang masa tambahan pendaftaran calon kepala daerah di 7 daerah terkait baru ada calon tunggal. KPU pun menanggapi penambahan waktu itu tak akan mempengaruhi penyelenggaraan pemungutan suara pilkada serentak yang akan digelar 9 Desember mendatang.

"Sebagai penyelenggara, kami optimis pilkada serentak sesuai jadwal waktu. Tak mundur pada 9 Desember," kata Komisiener KPU Ida Budiarti saat berbincang dengan detikcom, Sabtu (8/8/2015).

Perpanjangan waktu pendaftaran itu ditambah selama tiga hari terhitung sejak Kamis (6/8) kemarin. KPU berharap partisipasi dari partai politik guna kelancaran pilkada serentak.

"Perpanjangan waktu ini sudah cukup memadai. Harus ada partisipasi dari pemangku kepentingan, parpol untuk mendukung kelancaran pilkada 9 Desember mendatang," ujarnya.

Hasil terbaru terkait penyerahan hasil verifikasi kelengkapan pasangan calon, Ida menjelaskan, Jumat (7/8) kemarin KPU kabupaten/kota melakukan penelitian terhadap dokumen hasil perbaikan. Jadwal penelitian terhadap dokumen hasil perbaikan baru dimulai pada 8-23 Agustus mendatang.

"Penetapan pasangan calon yang pasti lolos atau dibatalkan itu nanti tanggal 24 Agustus. Ini untuk yang 86 daerah," pungkasnya.

Sumber : detik.com