Dalam Rangka Transparansi Kegiatan Tata Kelola Pemerintahan, maka bentuk kegiatan perencanaan pembangunan di Kabupaten Sumba Timur, wajib  dipublikasikan untuk umum agar masyarakat luas dapat mengetahui dengan jelas arah dan tujuan dari pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah daerah.

Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) merupakan penjabaran dari Rencana  Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan mengacu pada Rencana Kerja Pemerintah (RKP), memuat rancangan kerangka ekonomi Daerah, prioritas pembangunan Daerah, rencana kerja, dan pendanaannya, baik yang dilaksanakan langsung oleh pemerintah maupun yang ditempuh dengan mendorong partisipasi masyarakat.

RKPD dijadikan dasar penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD). Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2015 adalah dokumen perencanaan daerah untuk periode 2015 atau disebut dengan rencana pembangunan tahun 2015 daerah yang telah mencerminkan hasil karya multipihak : eksekutif, DPRD dan Masyarakat  serta mencerminkan keterkaitan dengan Program Pemerintah Pusat.

Untuk detail Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Pemda Kabupaten Sumba Timur TA. 2015 dapat di unduh disini