Tinjau Puskesmas Kawangu, NTT

Presiden SBY dan Ibu Ani saat meninjau ruang bersalin di Puskesmas Kawangu, Waingapu, Sumba Timur, NTT, Rabu (4/7) siang. (foto: muklis/presidensby.info)

Waingapu, NTT: Imaculata baru saja melahirkan seorang bayi, dan ia belum memberi nama. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Hj Ani Bambang Yudhoyono yang akan memberi nama kepada bayi tersebut.

"Nanti anaknya saya kasih nama ya, saya masih bermalam di sini," kata Presiden SBY kepada Imaculata, saat meninjau pusat kesehatan masyrakat (Puskesmas) Kawangu, Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (4/7) siang. Selain kepada bayi Imaculata, SBY dan Ibu Ani juga berjanji memberi nama kepada bayi yang tengah dikandung Erniwati. Menurut dokter Puskesmas Kawangu, Erniwati akan melahirkan dalam pekan ini.

Setiba di Waingapu dari Darwin tadi pagi, Presiden SBY melakukan peninjauan ke berbagai fasilitas pelayanan umum. Puskesmas Kawangu menjadi tujuan pertama. Di sini, Presiden meninjau tempat pendaftaran, apotek, poli umum, ruang gizi, ruang bersalin, poli gigi, laboratorium, dan polianak. SBY dan Ibu Ani menyapa warga yang sedang mengantre untuk berobat sambil bertanya sakit apa yang diderita.

Ketika masuk ke ruang bersalin itulah Presiden dan Ibu Ani menghampiri Imaculata yang tengah berbaring seusai melahirkan. Juga Erniwati yang barus saja memeriksakan kandungannya.

Puskesmas Kawangu ini melayani warga dari tujuh desa di Waingapu. Namun hanya ada satu unit mobil ambulans sehingga masih kesulitan untuk menjangkau ke tujuh desa tersebut. Untuk itu Presiden berjanji menyumbang satu unit mobil ambulans. "Ini merupakan salah satu dari tujuan MDGs (Millennium Development Goals) juga," ujar Presiden SBY.

Dari Puskesma Kawangu, SBY dan Ibu Ani kemudian menijau SMP 1 Pandawai. Sekolah ini memiliki 18 lokal kelas, namun saat ini baru ada 16 ruangan yang tersedia. Dua kelas lain terpaksa sering menggunakan ruang laboratorium komputer untuk kegiatan belajar mengajar.

Saat ini memang memasuki masa liburan sekolah, namun beberapa murid ada yang datang ke sekolah untuk mengikuti kegiatan ekstrakulikuler. Di ruang kelas IX A, Presiden dan Ibu Ani disambut anak-anak yang sedang berlatih paduan suara. Pada saat meninjau fasilitas olahraga, Presiden sempat meilhat kegiatan ekstrakulikuler drumband yang sedang berlatih untuk kompetesi 17 Agustus. "Bagus, kompak, kemudian musiknya juga oke. Kalau jalan juga bagus kan?" canda SBY.

Menyertai Presiden saat meninjau Puskesmas Kawangu dan SMP 1 Pandawai ini, antara lain, Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Mensesneg Sudi Silalahi, Menteri PU Djoko Kirmanto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, dan Menteri BUMN Dahlan Iskan.

Sore ini, Presiden dan Ibu Ani akan menuju Mauboko untuk meninjau peternakan kuda dan sapi. Presiden dan Ibu Ani melakukan kunjungan kerja dua hari di Waingapu. Selain meninjau puskemas dan gedung sekolah, Presiden juga akan meninjau peternakan sapi yang ada di Havana, Sumba Timur. Selama di Waingapu, Presiden dan Ibu Ani menginap di rumah dinas bupati. (dit)