Apel Perdana Bupati Dan Wakil Bupati Sumba Timur Tahun 2021

Waingapu - Bupati Sumba Timur, Drs. Khristofel A. Praing, M.Si meminpin langsung Apel perdana yang dilaksanakan di halaman depan kantor Bupati Sumba Timur, Senin (01/03/2021). Hadir pada Apel perdana yang dilaksanakan ini, Wakil Bupati Sumba Timur, David Melo Wadu, S.T., Sekretaris Daerah Kabupaten Sumba Timur, Domu Warandoy, SH, M.Si, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Asisten I) Yacobus Yiwa, SH, Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asisten II), Umbu Maramba Memang, S.Pt, Asisten  Administrasi Umum (Asisten III) Lu Pelindima, S.Sos bersama para pimpinan OPD, para kabag lingkup sekretariat daerah Kabupaten Sumba Timur, para Camat disekitar Kota waingapu berserta staf dan para ASN.
Dalam sambutan pada apel perdana yang dipimpinnya, Bupati Sumba Timur, Drs. Khristofel A Praing, M.Si menyampaikan bahwa Pelaksanaan apel perdana yang dilaksanakan saat ini dipandang sangat perlu meskipun saat ini masih berada dalam situasi pandemi Covid-19.
“Pelaksanaan apel perdana saat ini, dipandang sangat perlu meskipun kita baerada dalam situasi pandemi Covid-19 karena melalui kesempatan ini akan disampaikan beberapa hal penting yang membutuhkan deukungan kita semua. Tetapi janganlah kita mengabaikan protocol Kesehatan setiap saat dan dimanapun kita berada”kata Bupati, Drs. Khrsitofel A. Praing, M.Si
Kemudian dalam arahannya, Bupati, Drs. Khrsitofel A. Praing, M.Si mengutip kata bijak yang diungkapkan Presiden Soerkarno, “Jika kepentinganmu melebihi kepentingan tanah airmu, sesungguhnya engkau mengkhianati dharmamu sebagai seorang pemimpin,”, kutipan ini disampaikan Khristofel A. Praing dalam arahannya kala memimpin apel penguatan, sekaligus arahan perdananya sebagai Bupati Sumba Timur (Sumtim)-NTT.
Pada kesempatan apel perdana ini juga, Bupati Sumba Timur, Drs, Khristofel A Apraing, M.Si menegaskan kepada para ASN untuk tidak lagi membahas segala perbedaan di masa lalu, pesta demokrasi telah dilaksankan dan perbedaan pilihan itu adalah dinamika politik dalam masyarakat, kemenangan dan kekalahan adalah hal alamiah, sehingga siapapun yang terpilih sebagai pemenang merupakan representasi dari kemenangan seluruh rakyat Sumba Timur. Titik krusial perjuangan sesungguhnya adalah berpikir dan bertindak secara bijak ke depan untuk bersama-sama satu langkah, satu hati dalam mengemban amanat penderitaan rakyat, untuk satu tujuan membangun Sumtim menuju Matawai Amahu Pada Njara Hamu.
Lebih lanjut dalam sambutannya, Drs. Khristofel A. Praing, M.Si menegaskan hakekat sejati seorang ASN yaitu sebagai pelayan masyarakat dan aparatur negara, dimana ASN sejatinya merupakan pelayan masyarakat sekaligus sebagai aparatur negara yang baik, diberi kepercayaan dan digaji oleh negara. Untuk itu saya mengajak kita menyatukan langkah, sehati sepikir dan sejalan dalam menjalankan setiap tugas dan tanggungjawab yang sudah dipercayakan kepada kita masing-masing, selanjutnya menegaskan tentang peningkatan disiplin kinerja profesionalisme dan etos kerja yang lebih berkualitas.
Dalam masa kepemimpinannya, Drs. Kristofel Praing menyampaikan, bahwa sesuai dengan Visi, Sumba Timur Sejahtera, Harmoni, dan Tertib (SEHATI) dalam bingkai NKRI harus terlihat dan terukur dalam ruang kemanusiaan, artinya pemerintah hadir tidak hanya pada ruang administratif saja tetapi lebih lagi dari hal tersebut, pemerintah hadir dan dapat meyelesaikan persoalan sosial kemasyarakatan seperti kemiskinan, Stunting, kebodohan, ketertinggalan, ketimpangan, diskriminasi dan berbagai persoalan lainnya.(dd)