Hama Belalang Serang 3 Kecamatan di Sumba Timur 

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Sumba Timur, Oktavianus Mb. Muku yang dikonfirmasi membenarkan adanya serangan hama belalang di wilayah Sumba Timur. Ia bahkan menyebut serangan hama belalang itu meledak di tiga wilayah kecamatan.

Hama belalang

Umbu Hina, warga Desa Tanggedu Kecamatan Kanatang mengaku hama belalang kini merusak tanaman di wilayah mereka. Serangan hama belalang yang berjumlah ribuan itu telah berlangsung sejak dua pekan silam.  "Di kampung kami hama belalang susah sejak lebih dari dua minggu lalu," ujar Umbu Hina kepada POS-KUPANG.COM, Senin 3 Januari 2022.


Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Sumba Timur, Oktavianus Mb. Muku yang dikonfirmasi membenarkan adanya serangan hama belalang di wilayah Sumba Timur. Ia bahkan menyebut serangan hama belalang itu meledak di tiga wilayah kecamatan. 

"Betul sekarang sedang terjadi ledakan hama belalang di Sumba Timur bahkan kita dengar satu daratan Sumba. itu sudah berlangsung lama dan kita terus melakukan pengendalian sampai saat ini," ujar Oktavianus. 

Menurutnya, saat ini konsentrasi ledakan hama belalang terjadi di tiga kecamatan di wilayah utara yakni Kecamatan Kanatang, Kecamatan Haharu dan Kecamatan Nggaha Ori Angu. Karena itu pihaknya terus melakukan upaya pengendalian hama belalang di tiga wilayah itu. 

"Sampai saat ini kita melakukan pengendalian, saat ini fokus di wilayah kecamatan Haharu, Kanatang dan Ngoa. Tiga kecamatan ini yang sekarang ditangani brigade," ujar Oktavianus. 

Ia menjelaskan, pihak Dinas Pertanian dan Pangan telah membentuk regu pengendali hama dari tingkat Kabupaten hingga Desa. Di tingkat desa dibentuk Regu Pengendali Hama (RPH) yang terdiri dari 10 petugas sebagai tim teknis. Selain itu, juga dibentuk brigade kecamatan dan petugas pengamat organisme pengganggu tumbuhan (PUPT) di level kecamatan serta brigade kabupaten. 


#Pertanian
SHARE :
Berikan Komentar
Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun). Komentar akan ditampilkan setelah disetujui oleh Admin

AGENDA
LINK x TERKAIT