Bupati Sumba Timur Ikuti Peluncuran Buku Kisah - Kisah Praktik Baik PAUDHI

Waingapu - Bupati Sumba Timur, Drs. Gidion Mbilijora, M.Si mengikuti dan membuka secara resmi kegiatan Peluncuran Buku Kisah - Kisah Praktik Baik PAUDHI Di Sumba Timur yang dilaksanakan oleh SID dan Forum PAUDHI bertempat di ruang rapat Bupati, Kompleks Perkantoran Bupati, Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Timur, Kamis (04/2/2021). Kegiatan peluncuran buku ini juga dihadiri oleh beberapa pimpinan perangkat daerah diantaranya kepala dinas Pendidikan, Plt. Kepala Bappeda, Kepala DP3AP2KB, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Kesehatan, Sekertaris Dinas Pendidikan sebagai moderator pada saat diskusi dan sekertaris Bappeda yang mengikuti secara daring serta beberapa peserta lain yang mengikuti kegiatan secara online.
Kegiatan yang dilaksanakan oleh SID (Sumba integrated Development) yang bekerjasama dengan Wiliam & Lily Foundation (WLF) dan Yayasan Adaro Bangun Negeri bekerjasama untuk melaksanakan Proyek Penguatan Ekosistem pendukung Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUDHI) di Kabupaten Sumba Timur, dimana telah dilaksanakan sejak Novemmber 2019 sampai dengan Januari 2021 yang bertujuan untuk mengedepankan agenda Pengembangan Anak Usia Dini Holistik dan Integratif melalui keterlibatan partisipatif dan institusi dan kelompok pemangku kepentingan  dalam suatu wadah atau forum pemangku kepentingan yakni forum PAUDHI.
SID bersama Forum PAUDHI dan Pemda Sumba Timur melalui kegiatan ini akan melakukan Closing proyek penguatan Ekosistem Pendukung PAUDHI di Sumba Timur yaitu dengan kegiatan peluncuran buku kisah-kisah praktik baik PAUDHI di Sumba Timur. Kegiatan ini bertujuan untuk mempublikasikan hasil proyek, dampak dan rekomendasi terkait kebijakan dan praktek layanan PAUDHI bagi Pemerintah Daerah Sumba Timur serta memberikan harapan yang akan menjadi bahan pertimbangan / masukan bagi penyusunan, penetapan dan impelementasi kebijakan dan program Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif (PAUDHI) di Sumba Timur.
Bupati Sumba Timur dalam sambutannya saat acara peluncuran buku ini mengatakan, PAUDHI, PAUD Holistik Integratif adalah penanganan anak usia dini secara utuh (menyeluruh) yang mencakup layanan gizi dan kesehatan, pendidikan dan pengasuhan, dan perlindungan, untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak yang dilakukan secara terpadu oleh berbagai pemangku kepentingan di tingkat masyarakat, pemerintah daerah, dan pusat dimana hal ini sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam menjamin terpenuhinya Holistik Integratifnya hak tumbuh kembang anak usia dini dalam hal pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, serta perlindungan dan kesejahteraan anak.
Selanjutnya Kabupaten sumba timur telah menetapkan peraturan Bupati Nomor 42 tentang Pedoman Penyelenggaraaan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik dan Integratif dan Forum HI yang telah dibentuk untuk mensukseskan program kerja dari PAUDHI sedangkan gugus tugasnya belum dibentuk.
Ada beberapa saran yang disampaikan terkait sumber daya dan dukungan teknologi yang digunakan dalam pelaksanaan pekerjaan PAUDHI serta pelaksaanaan pemetaan dan peyiapan data tentang PAUDHI. Data menjadi hal penting yang ditekankan oleh Bupati Sumba Timur dalam sektor apapaun, dimana ketika seseorang yang akan mengambil keputusan tentu memerlukan data yang tepat atau valid. Sehingga jika diperoleh data yang benar atau valid maka dapat dipastikan sebagian dari tujuan dan rencana ataupun keputusan yang akan diambil itu sudah benar begitu pula sebaliknya.
Kehadiran PAUDHI di Sumba Timur sudah merupakan kebutuhan terkait generasi muda yang nantinya akan terlihat di beberapa tahun kedepan, wajah sumba timur akan sangat ditentukan oleh generasi muda sekarang. Sebuah tanggungjawab yang besar bagi pemerintah kabupaten Sumba Timur maupun seluruh komponen masyarakat yang terlibat dalam pembentukan PAUDHI untuk meyiapkan generasi sumba timur yang baik kedepannya, dimana didalamnya terdapat pemerintah swasta bersama Yayasan-yayasan maupun sektor-sektor lainnya yang akan terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam pembentukan PAUDHI di kabupaten Sumba Timur.
Diakhir sambutannya, Bupati Sumba Timur mengharapkan keterlibatan semua pihak yang berada dalam forum rapat diruangan maupun yang mengikuti secara online berdasarkan tugas pokok dan fungsinya masing-masing untuk dapat berkontribusi dengan memberikan saran dan masukan buah pikirannya pada saat diskusi yang akan dilaksanakan setelah kegiatan pembukaan dan penyerahan / peluncuran buku kisah-kisah praktik baik PAUDHI di Kabupaten Sumba Timur.
Setelah sambutan Bupati Sumba Timur, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi panel yang dimoderatori oleh sekretaris Dinas Pendidikan, Ruben Nggulindima, S.Sos, M.Pd dan selanjutnya ditutup oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumba Timur, Ir. Yunus D. Wulang.(dd)