Bupati Sumba Timur, Drs. Gidion Mbilijora, M.Si melantik sebelas pejabat struktural eselon II lingkup  Kabupaten Sumba Timur. Acara yang berlangsung pada Senin, 30 September 2013 di gedung pertemuan Umbu Tipuk Marisi tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD Sumba Timur, drh. Palulu P. Ndima, M.Si, Wakil Bupati  dr. Matius Kitu, Sp.B, Sekretaris Daerah Ir. Juspan M.Si, anggota Forkopimda dan para Kepala Dinas serta sejumlah undangan lainnya.

Dalam sambutannya Bupati Sumba Timur menyatakan bahwa pelantikan tersebut untuk mengisi beberapa jabatan yang lowong karena pejabat yang lama memasuki masa purna bhakti dan memberikan kesempatan tour of duty bagi para pejabat yang diangkat kembali untuk menduduki jabatan yang lainnya serta juga memberikan kesempatan promosi pada pejabat yang dinilai mampu dan memberi harapan kinerja yang lebih baik dalam menduduki jabatan barunya. Dikatakan oleh Bupati, bahwa mutasi tersebut tidak semata-mata didasarkan pada kewenangan, namun juga memperhatikan norma-norma kepegawaian yang berlaku yakni, kompetensi, integritas, dan berbagai aspek manajemen sumber daya manusia lainnya, yang dilakukan dengan cermat dan matang. Untuk itu diminta untuk itu menghindarkan diri dari pemikiran sempit bahwa rotasi pejabat bukan didasarkan pada kriteria suka atau tidak suka pada seseorang tetapi lebih berorientasi pada penyegaran manajemen pemerintahan agar melalui perubahan suasana kerja yang baru dapat lebih meningkatkan kinerja dan produktifitas organisasi.

 

Lebih lanjut dikatakan oleh Bupati, banyak pihak yang memplintir bahwa mutasi jabatan adalah sebagai bentuk ganjaran kepada seseorang, membenturkannya dengan kepentingan politik tertentu, memaknainya dari sisi negatif melulu. Bila terpengaruh dengan cara berpikir yang demikian maka secara tidak langsung kita telah terperangkap dalam suasana berpikir subyektif, yang pada akhirnya menimbulkan ketidaknyamanan dalam bekerja.
Adapun nama-nama pejabat yang dilantik adalah :

Acara pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan tersebut dirangkai dengan penandatanganan Pakta Integritas dan Serah terima Jabatan dari pejabat lama kepada pejabat yang baru dilantik. (djo)