Jamaah haji asal Kabupaten Sumba Timur yang berjumlah 14 orang, pada hari Selasa, 04 Nopember 2014 telah tiba kembali di Waingapu usai melaksanakan ibadah haji di tanah suci. Kedatangan jamaah haji tersebut diterima oleh Bupati Sumba Timur, Drs. Gidion Mbilijora, M.Si.  di halaman masjid Agung Al Jihad Waingapu. Selain diterima oleh Bupati, kedatangan jamaah haji tersebut juga disambut oleh Wakil Ketua DPRD Sumba Timur, Djohn David SH, Forkopimda, Ketua Pengadilan Agama Waingapu, Kepala Kantor Kementerian Agama Sumba Timur, keluarga para jamaah haji dan umat muslim kota Waingapu.

 

Bupati Sumba Timur dalam sambutannya menyampaikan harapannya, agar sekembalinya jamaah haji kabupaten Sumba Timur akan meningkatkan spirit keagamaan masyarakat muslim yang pada gilirannya nanti akan membentuk masyarakat Sumba Timur yang religius. Selain itu juga diharapkan agar, bapak/ibu yang telah bergelar haji atau hajjah akan menjadi teladan bagi lingkungannya baik dalam bentuk ucapan, sikap maupun perilaku. “Hal ini perlu saya sampaikan karena parameter kemabruran haji seseorang tidak hanya diukur dari amalan yang dilaksanakan selama di tanah suci tetapi juga meliputi amalan-amalan pasca menunaikan ibadah haji”. Demikian dikatakan oleh Bupati.

Salah seorang jamaah haji yang baru tiba, H. Umar Salawatu ketika diberi kesempatan menyampaikan perasaannya, mengucapkan terima kasih yang mendalam kepada seluruh masyarakat Sumba Timur yang telah mendoakan para jamaah haji asal Sumba Timur sehingga bisa melaksanakan ibadah haji dengan baik dan dapat tiba kembali di kampung halaman dengan selamat.