Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) lantik Penjabat Bupati Sumba Timur (Sumtim) dan Manggarai Barat (Mabar) menggantikan menggantikan kedua Bupati dan Wakil Bupati yang masa jabatannya berakhir pada Agustus 2015 ini.

Kedua penjabat Bupati yang dilantik itu adalah, Yohanis Lakar Hawula, menjadi Penjabat Bupati Sumba Timur, sebelumnya menjabat sebagai Kepala Satuan Polisi Pamong Praja. Yohanis Lakar Hawula menggantikan Bupati Sumba Timur, Gidion Mbiliora dan Matius Kitu.


Sedangkan yang dilantik jadi Penjabat Bupati Manggarai Barat adalah Tini Thadeus, sebelumnya menjabat sebagai Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah NTT. Tini Thadeus menggantikan Agustinus Ch. Dula dan Mase Maksimus Agustinus.

Gubernur NTT, Frans Lebu Raya mengatakan, proses pengangkatan penjabat bupati ini normatif untuk melanjutkan berjalannya roda pemerintahan di Kabupaten Sumba Timur dan Kabupaten Manggarai Barat yang masa jabatan bupati dan wakil bupatinya telah selesai.

Gubernur NTT mengaku, sebelumnya Ia mengusulkan tiga nama untuk setiap daerah yang masa jabatan kepala daerahnya berakhir, namun Menteri Dalam Negeri hanya dua penjebat yakni Yohanis Lakar Hawula dan Tini Thadeus.

Sumber :ntt-news.com