Bupati Sumba Timur dalam Pidato pada Upacara memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70 Tahun, mengatakan sebuah peristiwa yang amat bersejarah dimana sepanjang masa, para pejuang kemerdekaan akan dikenang sebagai generasi emas yang mengubah nasib bangsa dengan semangat perjuangan, pengabdian dan pengorbanan yang luar biasa.

Dihadiri oleh para undangan, mulai dari wakil bupati, Pimpinan DPRD dan anggota, Forkopinda, sekda, para pimpinan SKPD serta staf, Pejabat Militer dari Kodim 1601 dan Kepolisian Resort Sumba Timur, Camat, Lurah dan Kepala Desa, Pimpinan Perguruan tinggi dan civitas akademika STIE Kriswina Sumba, Para Kepala Sekolah dan Guru, siswa, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, Pimpinan Partai Politik, Ormas, LSM, Pensiunan PNS dan Purnawirawan TNI-POLRI, Para Pengusaha dan Insan Pers yang ada di Kabupaten Sumba Timur.

Upacara memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke 70 ini berlangsung dengan hikmat dan kondusif, pada prosesi pengibaran bendera merah putih yang dilakukan oleh pasukan PASKIBRAKA tahun 2015 ini juga berlangsung dengan baik.

Dalam Pidato yang disampaikan oleh Bapak Bupati Sumba Timur Drs. Gidion Mbilijira, M.Si, beliau juga menyampaikan bahwa pemerintah tak henti-hentinya melaksanakan kebijakan pro-rakyat dengan memadukan antara kebijakan Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dengan kebijakan Pemerintah Kabupaten Sumba Timur baik yang berbasis bantuan dan perlindungan sosial,
pemberdayaan masyarakat, maupun pemberdayaan usaha mikro dan kecil. Hal ini dipandang esensial oleh karena masalah kemiskinan di daerah ini masih merupakan tantangan utama yang terus menerus harus dihadapi dan ditangani secara sungguh-sungguh.


Masalah mutu pendidikan telah menjadi fokus perhatian kita untuk diupayakan perbaikan dan peningkatannya. Walaupun dalam keterbatasan sarana dan prasarana yang ada, Sumba Timur melalui anak-anak didik setiap tahunnya tetap mampu menorehkan
prestasinya yang sangat membanggakan antara lain pada tahun ini melalui Lomba Olympiade Sains Nasional (OSN), 02SN Tingkat Provinsi maupun Nasional, diantaranya adalah: Jihad Yahya Atanggae, Siswa SMK Negeri 2 Waingapu yang memperoleh medali Perak pada Olympiade Kimia SMK tingkat Nasional. Felicia Kowe, Siswi SMP Negeri 1 Waingapu sebagai juara 1 Lomba Mata Pelajaran Matematika Tingkat Propinsi NTT. Yeremia Krisetya, dari SDK Andaluri Waingapu yang memperoleh Juara I Lomba MIPA jenjang SD tingkat Propinsi NTT. Dicky Ali Hamzah, dari SMA Negeri I Waingapu memperoleh Medali Emas pada lomba 02SN Tingkat Nasional dan sejumlah anak kita mulai dari SD, SMP, SMA/SMK yang meraih prestasi gemilang pada tingkat Propinsi dan Nasional.

Pidato Bupati Sumba Timur pada HUT Kemerdekaan RI ke-70 Th, selengkapnya dapat di baca disini