KABUPATEN SUMBA TIMUR DAPAT BANTUAN 500 EKOR SAPI SUMBA ONGOLE

Waingapu – Bupati Kabupaten Sumba Timur, Drs. Kristofel Praing, M.Si dan Wakil Bupati Sumba Timur David Melo Wadu, S.T mengikuti Rapat Teknis Pengembangan Sapi Sumba Ongole di Kabupaten Sumba Timur. Rapat dilaksanakan secara virtual di ruangan rapat Bupati Kabupaten Sumba Timur, Senin, 30 Agustus 2021. Kegiatan ini diagendakan oleh Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Hadir mendampingi Bupati Sumba Timur dan Wakil Bupati Sumba Timur, Sekda Kabupaten Sumba Timur, Asisten II Kabupaten Sumba Timur, Plt Bappeda Kabupaten Sumba Timur, dan tenaga teknis dari Dinas Peternakan Kabupaten Sumba Timur.

Bupati Sumba Timur Drs. Kristofel Praing, M.Si dalam sambutannya menjelasakan “kami pemda Kabupaten Sumba Timur sangat mengapresiasi dan berterimakasih atas kerjasama dan kepercayaan yang diberikan oleh Kementerian Pertanian Republik Indonesia dalam hal ini Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan kepada kami pemda Kabupaten Sumba Timur dalam mengelola perkembangbiakan genetik sapi sumba, Sapi Ongole. Sumba Timur sangat kaya akan padang sabana yang luas dan saya rasa ini sangat cocok untuk pengembangbiakan 500 ekor sapi sumba ongole yang akan dikembangbiakan dilahan UPTD milik Kabupaten Sumba Timur”. Lebih lanjut Bupati Sumba Timur Drs. Kristofel Praing, M.Si menjelaskan, untuk diketahui bersama Pemda Sumba Timur telah menyiapkan lahan dalam perkembangbiakan ternak sapi sumba ongole sebesar 550 Hektarare dilahan UPTD milik pemda. Cuma masih terdapat beberapa kendala seperti bahan makanan ternak hal ini terjadi dikarenakan curah hujan di Kabupaten Sumba Timur sangat sedikit dan juga masih terdapat beberapa penyakit pada sapi, tetapi pada intinya kami sangat siap akan program ini dan akan bekerja dengan baik”.

Yohanis Fransiskus Lema, S.IP, M.Si Anggota DPR RI Fraksi Demokrasi Indonesia Perjuangan dalam sambutannya mengatakan “saya sangat berharap sekali pengembangan sapi sumba ongole yang akan kita kembangbiakkan ini dapat terus berjalan dengan baik. Oleh sebab itu saya sangat mengharapkan kerja keras dari pemda Kabupaten Sumba Timur. saya selaku anggota DPR RI akan terus melakukan pemantauan agar segala sesuatu yang sudah kita rancang dan sepakati bersama bisa terus menghasilkan hasil yang baik.

Sekretaris Direktoral Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Republik Indonesia, drh. Makmun, M.Sc dalam sambutannya menjelaskan “kami melihat potensi perkembangbiakan ternak sapi sumba ongole di Kabupaten Sumba Timur sangat bagus dan cocok karena banyak ditemukan padang sabana yang luas. Kami juga berharap dengan adanya kegiatan ini perkembangbiakan genetic dari sapi sumba ongole bisa terjaga dan tidak ada negara lain yang akan bisa mengklaim dari keabsahan sapi sumba, Sapi Ongole. Selanjutnya Sekretaris Direktoral Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Republik Indonesia, drh. Makmun, M.Sc menuturkan terkait berbagai kendala yang dialami dalam hal perkembangbiakan sapi Sumba Ongole seperti pakan ternak, penyakit dan masalah lainnya akan kita atur secara bersama dengan Pemda Sumba Timur. "Kami juga sudah menyiapkan anggrannya dan akan segera turun ke Kabupaten Sumba Timur untuk melakukan koordinasi lebih lanjut dan mensurvei lokasi", tutur drh. Makmun, M.Sc.