Waingapu - Sekretaris Daerah Kabupaten Sumba Timur Domu Warandoy, SH, M.Si mengikuti Rapat Koordinasi Perangkat Gubernur sebagai Wakil Pemerintahan Pusat se-Provinsi NTT secara Virtual di ruang rapat Sekda pada hari Kamis, 5 Agustus 2021. Hadir bersama Sekda, Plt Kepala Bappeda Kabupaten Sumba Timur, drh. Yohanis A. Praing, M.Si, Kepala Bappelitbangda Sumba Timur, Drs. Dominggus Bandi,M.Si, Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan PTSP, Kepala Bagian Hukum, dan Kepala Bagian Pemerintahan Setda kabupaten Sumba Timur.

Subdit Pasgub, Ibu Ninu dalam sambutannya menuturkan rapat koordinasi Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat (GWPP) bertujuan untuk saling terdapatnya komunikasi dan kerja yang baik antar pemerintah pusat, Provinsi dan daerah. Dalam PP no 33 tahun 2018 pada pasal 1 menjelasakan bahwa dalam melaksanakan pembinaan dan pengawasan terhadap peneyelenggara urusan pemerintah yang menjadi kewenangan daerah Kabupaten/kota dan tugas pembantu oleh kab/kota presiden dibantu oleh Gubernur sebagai wakil pemerintahan pusat. sedangkan Pada pasal 2 menjelaskan Gubernur dalam menyelenggarakan tugas dan wewenang sebagai wakil Pemerintah Pusat dibantu oleh perangkat gubernur. Perangkat Gubernur yang dimaksudkan disini adalah Sekertaris daerah yang ada dimasing-masing Pemerintah Daerah dan beberapa unit kerja.

Asisten Pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi NTT, Drs. Benyamin Lola, M.Pd. (Asisten I) dalam pemaparan menjelaskan hasil yang diharapkan dalam kegiatan ini yang pertama adanya sinergitas dan kaloborasi antar pemerintah daerah Kabupaten/Kota dan Pemerintah Provinsi dalam pelaksanaan kegaiatan dekosentrasi tugas dan wewenang perangkat GWPP di Provinsi NTT tahun anggaran 2021. Sedangakan yang kedua adalah pelaksanaan tugas dan wewenang perangkat Gubernur sebagai Wakil Pemerintahan Pusat di Provinsi NTT dapat dilaksanakan sesuai amanat ketentuan perundang-undangan.

Plt Kepala Bappeda Kabupaten Sumba Timur, drh. Yohanis A Praing, M.Si menuturkan bahwa Kabupaten Sumba Timur secara rutin berkoordinasi dan mengirimkan laporan kepada Pemerintah Provinsi NTT, seperti hasil pelaksanaan pembangunan di daerah, baik itu pada akhir tahun 2020 maupun  triwulan pertama dan triwulan kedua di tahun 2021. “Kami juga melakukan koordinasi pembuatan RPJMD, tetapi setelah melihat hasil rapat ini masih banyak Pemda di  Provinsi NTT yang jarang sekali melaporkan hasil perencanaannya di Pemerintahan Provinsi NTT oleh sebab itu saya berharap agar Pemprov NTT lebih mengenjot lagi kerja Pemeintah daerah ditiap Kabupaten, tutur Plt Kepala Bappeda Kabupaten Sumba Timur, drh. Yohanis A Praing, M.Si.