• Pemimpin Baru Sumba Timur 2021 - 2026_1
  • Pemimpin Baru Sumba Timur 2021 - 2026_2
  • Pemimpin Baru Sumba Timur 2021 - 2026_3
  • Pemimpin Baru Sumba Timur 2021 - 2026_4
  • Pemimpin Baru Sumba Timur 2021 - 2026_5
  • Pemimpin Baru Sumba Timur 2021 - 2026_6
  • Pemimpin Baru Sumba Timur 2021 - 2026_7
  • Pemimpin Baru Sumba Timur 2021 - 2026_8
  • Pemimpin Baru Sumba Timur 2021 - 2026_9
1 2 3 4
Login Form



Kondisi Geografi

Aspek Geografi


Berdasarkan Undang-Undang Nomor 69 Tahun 1958 tentang Pembentukan Daerah-Daerah Tingkat II dalam Wilayah Daerah-daerah Tingkat I Bali, Nusa Tenggara dan Nusa Tenggara Timur, maka Kabupaten Sumba Timur merupakan bagian integral dari Nusa Tenggara Timur yang lokasinya terletak di bagian Selatan dan merupakan salah satu dari empat Kabupaten yang berada di Pulau Sumba.


Kabupaten Sumba Timur memiliki 96 buah pulau, baik yang berpenghuni maupun yang belum berpenghuni, tiga buah diantaranya berada di bagian Selatan yaitu Pulau Salura, Pulau Kotak dan Pulau Manggudu dan satu buah pulau di bagian Timur yaitu Pulau Nuha. 16 buah pulau yang tidak berpenghuni diantara 96 buah pulau tersebut, telah diberi nama pada tahun 2011.

Kabupaten Sumba Timur terletak diantara 119°45 – 120°52 Bujur Timur dan 9°16–10°20 Lintang Selatan dengan batas-batas wilayah sebagai berikut :

- Sebelah Timur berbatasan dengan Laut Sabu
- Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Sumba Tengah
- Sebelah Utara berbatasan dengan Selat Sumba
- Sebelah Selatan berbatasan dengan Lautan Hindia

Secara geografis, Kabupaten Sumba Timur memiliki wilayah seluas 7000,5 Km2 sedangkan wilayah laut seluas 8.373,53 Km2 dengan panjang garis pantai 433,6 Km. Secara administratif terdiri dari 22 buah Kecamatan dan 156 buahDesa/Kelurahan. Data Sumba Timur Dalam Angka tahun 2012 menunjukkan penduduk Sumba Timur berjumlah 234.642jiwa yang terdiri dari laki-laki 120.779 jiwa dan perempuan 113.863 jiwa dengan kepadatan penduduk rata-rata sebanyak 33 jiwa/Km2.

 

Flora dan Fauna

Luas hutan di Kabupaten Sumba Timur yang hanya sekitar 10 % dari luas wilayah di Kabupaten Sumba Timur menyimpan banyak jenis flora dan fauna, terdapat tidak kurang 176 jenis burung, 22 jenis hewan menyusui, 115 jenis kupu-kupu, 7 jenis katak, dan 29 jenis hewan reptil. Beberapa diantaranya (9 jenis burung, 7 jenis kupu-kupu, 4 jenis katak dan 3 jenis hewan melata) merupakan satwa endemik Sumba. Selain fauna endemik Sumba sebagaimana disebutkan diatas, juga terdapat hasil hutan non kayu berupa rotan, kemiri, asam dan seed lak. Kekayaan alam tersebut setiap tahun semakin terancam seiring dengan meningkatnya degradasi lingkungan.

 

Kebijakan

RENCANA PEMBANGUNAN JANGKA PANJANG DAERAH (2005 - 2025)

Visi RPJPD 2005-2025 adalah untuk Masyarakat Sumba Timur yang Mandiri, Maju, Demokratis dan Berdaya saing” dan terjemahan  visi adalah sebagai Berikut:

  1. Mandiri, dimaknai bahwa masyarakat Kabupaten Sumba Timur yang memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan sendiri dalam mendayagunakan seluruh sumber daya lokal yang memungkinkan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat baik spiritual maupun material.
  2. Maju, dimaknai bahwa Kabupaten Sumba Timur yang mampu menciptakan kemajuan di berbagai bidang kehidupan dan penghidupan seperti di bidang bidang ekonomi, sosial budaya dan agama, politik, ilmu pengetahuan dan teknologi, pertahanan dan keamanan, hukum dan aparatur, pembangunan wilayah dan tata ruang, penyediaan sarana dan prasarana serta pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup.
  3. Demokratis, dimaknai bahwa Adanya proses interaksi pembelajaran, komunikasi dan kelembagaan yang menghubungkan lembaga-lembaga politik formal (suprastruktur politik) dengan kehidupan politik sehari hari dalam masyarakat (infrastruktur politik).
  4. Berdaya Saing, berarti bahwa sumber daya manusia yang dimiliki memperlihatkan kemampuan untuk mengimbangi bahkan melampaui kemampuan sumber daya manusia masyarakat lain pada tataran lokal, regional, nasional maupun internasional

Dalam mewujudkan visi pembangunan daerah tersebut ditempuh melalui 8 (delapan) misi pembangunan daerah yang perlu dilakukan. Kedelapan misi yang dimaksudkan adalah sebagai berikut :

1)     Mengembangkan ekonomi rakyat yang berbasis sumber daya lokal

2)     Meningkatkan pelestarian sumber daya alam dan lingkungan hidup dalam

3)     Meningkatkan kualitas dan etos kerja sumber daya manusia dalam artian

4)     Meningkatkan kuantitas dan kualitas infrastruktur sosial dan ekonomi yang tersebar secara merata.

5)     Meningkatkan penegakkan supremasi hukum.

6)     Menumbuhkembangkan tata kelola pemerintahan yang baik.

7)     Menumbuhkembangkan kehidupan demokrasi partisipatif.

8)     Menumbuhkembangkan       kemampuan      daya    saing     di    kalangan Masyarakat dan Pemerintah Daerah.

Tujuan pembangunan jangka panjang daerah Kabupaten Sumba Timur 2005-2025 adalah mewujudkan masyarakat Sumba Timur yang mandiri, maju, demokratis dan berdaya saing sebagai landasan bagi tahap pembangunan berikutnya menuju masyarakat Sumba Timur yang adil dan makmur di dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Sebagai ukuran tercapainya masyarakat Sumba Timur yang maju, mandiri, demokratis dan berdaya saing, pembangunan daerah Sumba Timur dalam 20 tahun mendatang diarahkan pada pencapaian sasaran- sasaran pokok, sebagai berikut :

a)   Berkembangnya kegiatan ekonomi rakyat yang berbasis sumber daya lokal.

b)   Meningkatnya  pelestarian  sumber  daya  alam  dan  lingkungan  yang sasaran-sasarannya.

c)   Meningkatnya kualitas dan etos kerja sumber daya manusia.

d)   Meningkatnya kuantitas dan kualitas infrastruktur sosial dan ekonomi yang tersebar secara merata.

e)   Meningkatnya penegakan supremasi hukum.

f)     Bertumbuhkembangnya tata kelola pemerintahan yang baik.

g)   Bertumbuhkembangnya kehidupan demokrasi partisipasi aktif.

h)  Meningkatnya kemampuan daya saing di kalangan masyarakat dan Pemerintah Daerah.

 

Kecamatan dan Desa

Secara Administratif Sumba Timur terdiri dari 22 Kecamatan, 16 Kelurahan dan 140 desa.

Data Lengkap Nama Desa, Kelurahan dan Kecamatan serta Luas wilayahnya dapat di baca dan download disini

 
Artikel yang lain...